Friday, August 16, 2013

Ayam Panggang Klaten, Istimewa Dengan Bumbu Areh

Sudah cukup sering melewati rumah makan baru bernama Ayam Panggang Klaten d/h Gajah Mada ini. Letaknya dekat dengan kos saya, tepatnya di Jalan Honggowongso, utara Pasar Kembang, Solo. Atas rekomendasi dari Adjie, akhirnya kemarin mampir. 

Hanya satu meja yang terisi ketika saya datang, "semoga enaaaak" pikir saya. Pelayan yang ramah segera mempersilakan saya duduk sambil memberikan buku menu. Selain menu reguler dengan harga termahal 47.5K untuk Ayam Panggang Klaten Utuh, ada juga menu paket. Saya memilih paket 1 (16K)  yang berisi 1 potong ayam dada atau paha, nasi serta tempe atau tahu goreng. Tak lama, menu pesanan saya datang. Oops, saya juga memesan rempelo ati (4K).
Yang khas dari Ayam Panggang Klaten adalah bumbu areh, terbuat dari campuran rempah - rempah Jawa dan santan untuk kemudian diungkep bersama ayam hingga santan mengental. Hasilnya, ayam menjadi empuk dan gurih. Sambalnya juga enak. Juara deh! 
Heran juga dengan masakan yang enak dan harga yang terjangkau, rumah makan ini tak ramai, mungkin karena baru buka beberapa bulan ya? Jadi kalau kamu sedang melewati Pasar Kembang, jangan lupa untuk mampir, ya.

Ayam Panggang Klaten d/h Gajah Mada
Jl. Honggowongso, utara Pasar Kembang 
Solo

0 comments: