Tuesday, October 26, 2010

HIDUP ADALAH VAKANSI UNTUK WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY

Image and video hosting by TinyPic

Menyimak album 'Vakansi' layaknya mendengar Aprilia Sari (Vokal), Rio Farabi (Gitar akustik, backing vokal), Saleh Husein (gitar elektrik, backing vokal), Ricky Surya Vargana (Bass, Cello, backing vokal), Aprimela Prawidyanti (Keyboards, Piano, Viola, backing vokal) dan John Navid (drum perkusi) menceritakan perjalanan hidup mereka yang mirip sebuah vakansi atau plesiran. Bukan sekedar vakansi di akhir pekan atau vakansi seminggu masa lebaran, tapi sebuah vakansi panjang menikmati hidup di Kepulauan Indonesia dan kadang - kadang di beberapa belahan dunia yang lain.

Album yang dirilis bulan oktober 2010 ini memuat 13 track dengan musik dan lirik yang berwarna - warni. Jangan lupakan juga kehadiran beberapa musisi hebat yang turut serta dalam proses rekaman seperti Oele Pattiselano dan Riza Arshad yang berperan sebagai pengisi gitar dan sound engineer di lagu 'Vakansi' atau seorang sakit jiwa seperti Oomleo yang sanggup membuat karya yang begitu indah di lagu 'Kisah dari Selatan Jakarta.'

'Vakansi' dibuka dengan lagu accapella berjudul 'Berjalan - jalan' dengan ilustrasi suasana lalu lintas di jalan raya. Lagunya simple, mirip lagu anak - anak yang menceritakan tempat liburan mereka namun tujuan akhirnya tetap ke pulau Dewata. 

'Senja Menggila' mungkin bisa direkomendasikan Foke untuk warganya yang setiap hari bergelut dengan kemacetan saat pulang kerja dan lantas menumpahkannya di timeline twitternya. Hasrat mencuri waktu untuk bersenang - senang hampir tak tersisa. Kalau anak mantan Gubernur Jakarta bilang 'same shit, different day'. Hey! Tapi masih ada ruang untuk bersenang - senang di mobil/bus/taxi/ojek karena lagu ini akan memaksa kita untuk bergerak mengikuti irama funk dengan pengaruh motown yang kuat. Beat that shit, my friends!

Image and video hosting by TinyPic

Track ke-4 berjudul 'Selangkah Ke Seberang' akan membuat kita spontan bersyukur dan berucap 'Ya Tuhan, terimakasih negara butut ini punya Fariz RM dan di industri musik yang carut marut ini masih ada White Shoes & The Couples Company dan terimakasih Kau pertemukan mereka pada suatu malam di konser majalah Rolling Stone dan jadilah mereka berkolaborasi di lagu ini.' Doanya agak kepanjangan yah? Tapi worth it, kok. TRUST!

Salah satu lagu favorit gue di album ini berjudul 'Rented Room'. Tentang memberikan waktu untuk diri kita sendiri karena kadang tak perlu orang lain untuk menyeselesaikan segala problema. Hanya diri kita dan sebuah ruangan yang tenang untuk berfikir dan akhirnya membuat kita bernafas lega. Lagu yang awalnya mellow berakhir up beat di outro-nya. Indah sekali.

Track terakhir di album ini... this is definitely the gong! Dengan semangat membara akan membuat kita berseru 'ANJING! ALBUM GOLDSTAR INI MAH!'. Single 'Matahari' menutup album Vakansi. Liriknya dibuat oleh David Tarigan, menceritakan indahnya Indonesia bagian timur di masa lampau. Sari menyempurnakan lagu ini dengan aksennya yang eksotis. Ingin rasanya segera memborong koteka dan menyantap Papeda selepas mendengar lagu ini. 

So i repeat, 'Vakansi' is GOLDFUKKINSTAR and you should grab it for yourself anytime soon!

Image and video hosting by TinyPic

Vakansi tracklist :

1. Berjalan - jalan

2. Zamrud Khatulistiwa

3. Senja Menggila

4. Selangkah Keseberang

5. Rented Room

6. Kampus Kemarau

7. Sans Titre

8. Hacienda

9. Masa Remadja

10. Ye Good Ol' Days

11. Vakansi

12. Kisah Dari Selatan Jakarta

13. Matahari

White Shoes & The Company bisa disapa lewat twitter mereka di : @WSATCC

0 comments: