Tuesday, September 28, 2010

CHEAPASS WAY TO BALI : TRANSPORTATION

Kalo udah tau budget mepet, ingat - ingat pesan ini : JANGAN SAMPAI KETINGGALAN PESAWAT! Tapi tentunya itu yang gue alami. Pesawat berangkat pukul 7.45 dan gue ngos - ngosan didepan counter Mandala pukul 7.25 ngemis - ngemis mas jaga biar dibolehin masuk. Ditolak tentunya. 

Ya udahlah semua murni kesalahan gue, diambil hikmahnya aja. Anyway, hikmahnya adalah gue nambah budget 350 ribu untuk terbang dengan Garuda yang berangkat pukul 8.00 pagi. Yeah, biar cheapass yang penting fly with style. *Nangis di selokan*

Image and video hosting by TinyPic

Penumpang nggak terlalu ramai pagi itu, crew pesawat ramah - ramah banget. Pukul 10.00 WITA gue mendarat dengan selamat di Bandara Ngurah Rai. Pas turun, seorang awak pesawat membaca tulisan dibelakang kaos gue. 'Itu tulisannya bener Haram?' 'Iya bener, Pak'. Kemudian dia berucap 'Astaghfirullooooh' sambil melihat ulang tulisan Haram di t-shirt Down For Life yang gue pake.

CHEAPASS TRICK
Kalo kalian tinggal di Solo atau Jogja, Bali bisa dicapai dengan jalan darat atau udara. Buat yang paranoid naik pesawat bisa memilih Bus Safari Dharma Raya. Terakhir, mereka mematok tarif sekitar 215K dengan waktu tempuh 17 jam sampai Bali.

Nah, kalau mau efisien emang lebih enak naik pesawat sih. Karena di Solo nggak ada rute penerbangan ke Bali, maka kita bisa pergi ke bandara Adi Sucipto, Jogjakarta.


Image and video hosting by TinyPic


Takut mahal? Ini yang gue lakukan: Rajin cek website
Garuda Indonesia, Lion Air
dan Mandala atau sign up di website masing - masing maskapai karena banyak promo dengan harga menarik dan informasinya akan dikirim langsung ke email. Biasanya kalo kita booking jauh - jauh hari, harganya bisa semakin murah loh. Walaupun ada juga yang justru makin murah ketika udah mendekati hari H. Tapi lebih baik ambil amannya aja. Kaya gue pergi bulan Agustus, sudah booking sejak bulan Mei. Dengan begitu, pengeluaran tidak akan terlalu besar dalam satu waktu. Nah sebagai gambaran ini biaya transportasi dengan menggunakan pesawat.

Tiket PP Mandala Jogja - Bali : Rp. 608.000 (Harga Promo bulan Mei 2010)
Airport Tax : Rp.25.000

Next posting, gue bakal cerita bagaimana mendapatkan akomodasi murah meriah di Bali. Stick around!

0 comments: