Wednesday, September 29, 2010

CHEAPASS WAY TO ENJOY BALI : MOTORBIKE RENT

Di Bali susah mencapai satu tempat ke tempat lain dengan angkutan umum. Yang paling sering ditemui cuma taksi dan bus pariwisata. Padahal kalau muterin Legian aja bisa mahal banget saking macetnya, apalagi kalau mau ke Ubud. Bisa habis budget liburan cuma buat transport doang.

Image and video hosting by TinyPic
ilustrasi foto : kompas.com
Alternatifnya, sewa motor atau mobil selama di Bali. Selain lebih murah, kita juga bisa berhenti di lokasi - lokasi bagus tanpa takut ngeliat argo yang melaju cepat. Untuk itu kalian bisa datang ke daerah Kuta - Legian (di Monumen Bom Bali I). Di pinggir jalan banyak orang yang menawarkan jasa sewa motor atau mobil dengan harga yang cukup terjangkau. Mau motor matik, manual, mobil karimun atau mobil lain yang kapasitasnya lebih besar, pilih saja tergantung kebutuhan.

Sewa motor sekitar 50K - 60K perhari, tapi masih bisa ditawar saja di range harga 30K - 40K. Jadi jangan ragu menawar! Sementara untuk mobil berkisar di harga 125K - 400K.

Nah, perhatikan juga tata cara menyewa kendaraan. Pertama, liat tangki bensin. Kalau tangki penuh saat dipinjam, berarti juga harus kembali dalam keadaan penuh begitu pula sebaliknya. Kemudian mereka akan meminta KTP kita sebagai jaminan, inget KTP ya jangan kasih SIM karena sering ada razia kendaraan bermotor di jalanan Bali. Hapalkan juga alamat dimana kita menginap plus membayar penuh sesuai lamanya kita meminjam kendaraan.

Motor dan mobil sudah ditangan, sekarang kita bebas deh pergi kemana saja! Trust me, sebego - begonya baca peta *ngaca liat diri sendiri* ditanggung nyampe tempat tujuan karena banyak banget petunjuk arahnya. Sering - sering nanya orang juga kalo bingung soal arah.


Next, cari tahu apa yang bisa dilakukan dengan budget minim di Bali! Stay tuned, kids!

0 comments: