Saturday, October 10, 2009

OWL CITY - OCEAN EYES



















Gue merasa musisi - musisi era social network semacam myspace, youtube, facebook atau situs apapun yang memungkinkan semua orang merilis sendiri musiknya hanya punya dua nasib, serasa diikuti dewi kwan im ... i mean dewi fortuna atau tetap under the radar dari perhatian penikmat musik digital. Owl city ditakdirkan untuk memiliki nasib yang pertama.

Dan Owl City seperti mengikuti jejak semua orang. One man band? check! Adam Young adalah Owl City. Terinspirasi nama tempat untuk nama panggung? check! Owl City diambil dari nama kotanya Owatonna. Hamba Mac? check! Album ini penuh dengan program MIDI, synthesizer dan drum loop dari efek komputer.


Jadi apa yang membuat album Ocean Eyes menjadi album digital terlaris di belakang Michael Jackson? Pemuda ini pintar sekali membuat tunes yang catchy! Dan alih - alih hanya mengandalkan bunyi - bunyian elektronik, Young juga memasukkan bunyi dari alat musik analog dan membuat pendengarnya tidak bosan ditengah jalan.

Ocean Eyes dibuka dengan single Cave In. Pilihan yang cerdas karena mewakili tema dari keseluruhan isi album ini. Lagu - lagu berikutnya rata - rata memiliki kesamaan tempo. Misalnya Umbrella Beach dan The Tip Of Iceberg yang sangat danceable atau Hello Seattle, Tidal Waves dan Fireflies, single pertama album ini dimana suara Adam Young terdengar sangat cute dengan awalan yang terasa manis lalu perlahan - lahan menghentak. The Bird and The Worm dan The Saltwater Room dimana Young mengundang Breanne Duren dari Swimming With Dolphins kental dengan nuansa akustik.

Tapi untuk lirik, walaupun tidak bisa dikatakan istimewa juga, Adam Young boleh dipuji soal berbagai macam tema dari yang penting semacam ngomongin Tuhan sampai yang nggak penting macam pura - pura jadi cacing, berdansa dengan kunang - kunang atau lagu yang harusnya jadi theme song iklan pasta gigi berjudul Dental Care, ini lagu bener - bener ngomongin orang yang pergi ke dokter gigi hahaha!

Overall, album yang banyak dibantu oleh Matt Thiessen dari Relient K ini cukup menghibur kok, walaupun kalau mendengar duabelas track secara utuh berasa dikasih minum sirup manis tapi kebanyakan sakarin. Batuk - batuk jadinya.


Tracklist
1. Cave In
2. The Bird and the Worm
3. Hello, Seattle
4. Umbrella Beach
5. The Saltwater Room
6. Dental Care
7. Meteor Shower
8. On the Wing
9. Fireflies
10. The Tip of the Iceberg
11. Vanilla Twilight
12. Tidal Wave



1 comments:

Anonymous said...

Adam Young memang cute abisssss, wkwkwkwkw
Favorit songs: Vanilla Twilight sama Fireflies!