Tuesday, November 6, 2012

Ullen Sentalu, The Classy Museum


Hari Sabtu [3/11] kemarin akhirnya berkesempatan mengunjungi Museum Ullen Sentalu yang terletak di area wisata Kaliurang. Untuk mencapai museum ini cukup mudah, yang kamu butuhkan adalah kendaraan dan google maps.  Haha! 


Menarik sekali mengikuti tour sepanjang limapuluh menit yang dipandu oleh Mbak Rina. Nama Ullen Sentalu yang terdengar eksotis rupanya adalah singkatan dari bahasa Jawa yaitu, "Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku" yang artinya kira - kira "Nyala Lampu Blencong yang memberikan pelita dalam kehidupan manusia". Di dalamnya terdapat ratusan koleksi dari Kraton Yogyakarta, Pura Pakualaman, Kraton Kasunanan Solo dan Pura Mangkunegaran. 


Mbak Rina yang menjadi pemandu kelompok mengajak kami ke ruangan yang diberi nama Gua Selo Giri, dinamakan begitu karena bahan bangunan yang digunakan untuk ruangan ini menggunakan batu dari Gunung Merapi, yang puncaknya terletak tak jauh dari Museum ini, 4km saja kira - kira. Disini, ada koleksi gamelan keraton Yogyakarta yang biasanya dimainkan saat Jumenengan. Ada juga lukisan - lukisan yang menggambarkan anggota keraton sedang membawakan beberapa tarian seperti tari Topeng dan Golek Menak yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono XI.


Melewati koridor yang panjang, terpajang koleksi foto - foto hitam putih dari para anggota keluarga kerajaan dan aktifitas mereka sehari - hari di era tahun  '20 - '40an. Keren sekali!


Ruangan yang tak kalah keren adalah Kampung Kembang yang berdiri diatas kolam. Ruangan ini berisi puisi - puisi dari para sahabat untuk Tineke yang saat itu sedang patah hati karena kisah cintanya tak mendapatkan restu dari sang bunda, yaitu ibu Ageng. Tercatat puisi - puisi tersebut dibuat mulai dari tahun 1939 - 1949. Lama juga ya bok, galaunya? :)


Selain ruangan yang berisi koleksi - koleksi berharga, ada pula sebuah restauran dan hall yang digunakan anak - anak sekitar museum untuk berlatih tari tradisional.



Jika kamu hendak kesana, perhatikan jam buka museumnya. Ullen Sentalu libur pada hari Senin. Hari Selasa - Kamis, dibuka mulai pukul 08:30 - 16:00, Sementara untuk hari Sabtu - Minggu buka mulai pukul 08:30 - 17:00.



Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik 25K [dewasa] dan 15K [5th - 16th]. Jika kamu bulay, harganya sedikit lebih mahal, 50K [dewasa] dan 25K [5th - 16th].Tiket tersebut sudah termasuk pemandu, jamu Ratu Mas yang katanya bisa bikin awet muda dan parkir gratis.


Selama tour, kita tidak diperbolehkan mengambil foto/video, membawa backpack [ada tempat penitipan], menyentuh koleksi yang dipajang dan makan/minum.  

Senang melihat sebuah museum dikelola dengan begitu profesional. Pengalaman yang didapat sepadan dengan harga yang dibayarkan. Jadi jika suatu hari kamu ke Kaliurang, jangan lupa mampir ya!

Museum Ullen Sentalu
Dalem Kaswargan Kaliurang
Ph : 0274 895161

0 comments: