Thursday, October 21, 2010

WISATA METAL TANAH JAWA

Beberapa tahun terakhir, ada satu hari dimana kota kecil yang gue tinggali ini jadi bergemuruh akibat sound system ribuan watt yang memperdengarkan puluhan band metal ke seluruh penjuru tempat.

Image and video hosting by TinyPic

Kota Solo seperti Norwegia versi lokal, dimana musik metal kini menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan hampir sebagian besar anak muda. Terimakasih kepada sebuah event organizer bernama The Think yang berisi orang - orang berdedikasi tinggi dan terus berusaha membuktikan bahwa kota ini layak menjadi barometer event metal di Indonesia.

Rock In Solo adalah sebuah event tahunan, dimana setiap tahun penyelenggaranya giat belajar untuk memproduksi event metal yang layak untuk disaksikan bukan hanya penonton dalam kota tapi juga luar kota. 

Tahun ini mungkin adalah puncak sukses dari kerja keras seluruh tim. Asal tahu saja, event metal adalah acara yang membuat sponsor deg - degan memberi dana. Kebanyakan merasa was - was kalau - kalau acaranya berlangsung brutal.

Well, gue kasih gambaran seperti apa Rock In Solo 2010 berlangsung. Tiket yang dijual secara presale di tiket box beberapa minggu sebelumnya membuat arus penonton yang akan masuk ke venue menjadi lancar. Di dalam stadion Sriwedari, dimana acara ini berlangsung sudah berjajar stand food & beverage yang akan memastikan bahwa semua orang punya cukup energi untuk bersenang - senang sampai malam. Untuk penonton yang membawa uang ekstra bisa juga menghabiskan isi dompet di booth merchandise yang menjual tshirt, sepatu, CD dan majalah.

Image and video hosting by TinyPic

Lupakan tawuran antar penonton karena itu hanya berlaku untuk pertunjukan Wali dan kawan - kawannya. Rock In Solo mungkin adalah acara paling tertib yang pernah gue lihat. Polisi yang berjaga bukanlah polisi norak yang main gebuk orang - orang yang sedang moshing dan slam dance. Mereka polisi metal, bung! Haha! Bahkan jika kepalamu bocor karena terjun bebas dari panggung, beberapa metalhead akan dengan senang hati menggotongmu ke Ambulan.

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPicSalah satu personel Komunal mengaku seumur - umur baru kali itu main didepan ribuan metalheads. Headliner malam itu, the mighty Dying Fetus tak henti - hentinya memuji Rock In Solo. Trey Williams sang drummer berucap 'Kalian lihat tadi? saya tak bisa berhenti tersenyum sepanjang show! Ini gila dan kalian punya penonton terhebat!' 

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

Ya, Kota Solo terkenal dengan wisata budaya. Tapi jika berkenan, datanglah tahun depan untuk melakukan wisata metal di Tanah Jawa. Kami menyambut kalian!

Image and video hosting by TinyPic

0 comments: