Friday, December 25, 2009

TIPS MENDATANGKAN BAND IDOLA KE INDONESIA


Senangnya!! Ternyata keberadaan grup 311 TO INDONESIA! yang terdiri dari street team 311 Indonesia menginspirasi fans dari band lain untuk melakukan hal yang sama. Nah gue mau bagi - bagi tips nih, soal apa aja yang kita lakukan sampai berhasil ngedatengin 311 ke Indonesia.

.Kumpulin beberapa hardcore fans. Ngobrol - ngobrol dulu soal keinginan mendatangkan band idola ke Indonesia. Sebisa mungkin yang intens ya. Nggak perlu banyak orang, beberapa aja dulu tapi pastikan mereka rela mengorbankan waktu lebih banyak buat bikin plan selanjutnya.

. Tau persis jadwal tour band yang bersangkutan. Misalnya, plan 311 di tahun 2010 mau promo kemana. Promotor di Indonesia akan lebih tertarik pada band - band yang datang ke Asia dan Australia karena bisa sekalian mampir kesini. Jauh - jauh hari kita udah tau Jepang bakal didatengin 311, makanya kita optimis kesempatan ke Indonesia pasti ada.

. Bikin petisi, paling gampang sih lewat FB, undang fans 311 buat ikut support mendatangkan mereka ke Indonesia. spread the words. satu fans mengundang fans lain jadi pertumbuhannya cepat.

. tweet atau email band atau member yang aktif berkomunikasi dengan fansnya di social network, tanya mau nggak kesini karena yang nunggu udah banyak banget. Reply dari artis yg bersangkutan bisa dijadikan bukti kalo band dan fans sama - sama pengen dibikinin konser di indonesia

. Setelah itu, serbu promotor di social network. Fans 311 menyerbu Om Adrie di Twitter. Ini adalah tempat paling bener buat berkomunikasi karena si om aktif banget disana dan dengan senang hati menjawab. Pertanyaan dari dia standar 'emang msh banyak fansnya?' 'kasih liat dong seberapa banyak fans 311 disini'. Itu berarti dia nantangin kita buat ngasih bukti bahwa 311 punya banyak fans. Bagaimanapun yang namanya dagang pasti nggak mau rugi.

. Dicuekin sama promotor? Jangan putus asa!! Dulu tiap hari tetep nekat ngirim tweet ke Om Adrie Subono sama Java Musikindo walaupun petisi kita nggak digagas awalnya. Habis itu, janjian buat ngasih tweet bomb. Jadi misalnya pada jam 2 siang, semua orang yang gabung di grup ngetweet promotor dengan kalimat yg sama, misal '311 to indonesia!' lama - lama kan gerah sendiri hehehe!

.Lakukan kegiatan ini secara intens, followernya si Om banyak banget, kalo cuma satu dua tweet nggak bakal kebaca, yang penting ngebom-nya yang sopan aja. jangan ngirim ratusan tweet dalam satu waktu, nanti malah kesel Om Adrie-nya. (talk to my face ya, berapa kali coba kita bikin kesel doi. wakakakaka!!)

. Stand by anytime!! Biasanya Om Adrie suka muncul subuh - subuh, kejar aja... bisa nggak band ini ke Indonesia? Bulan ini atau tanggal ini dia mau ke (sebutin negara paling deket dari indonesia). Kan bisa sekalian mampir.

. Biasanya promotor juga akan menghubungi booking agent buat cross check schedule. Jadi tetep aktif buat ngirim petisi, ngasih tau link - link dimana fans dari band yang bersangkutan ngumpul jadi promotor makin mantep buat ngedatengin artisnya.

. Dari bikin grup sampe pengumuman dari Om adrie kalo dia bakal bawa 311 cuma butuh dua minggu dengan intensitas yang amat sangat intens banget pisan!! Kita hampir nggak pernah tidur dan selalu online ngalah - ngalahin Saykoji deh biar tau perkembangannya gimana. Sebelumnya ada kali dua bulan kita ngerecokin dia mulu, tapi memang nggak terkoordinir dengan baik. makanya saran gue, bikin dulu grupnya. Nyesel juga sih kenapa nggak dari dulu aja hehehe!

Yang jelas, sebuah street team musti solid dan kompak karena tujuan kita kan mulia, menyaksikan langsung band kesayangan di depan mata. Jadi memang butuh komitmen sampai tujuan tercapai.
Gitu deh sharingnya. Selamat mencoba dan good luck ya!!

0 comments: